Sunday, August 18, 2024

Aksi Nyata Modul 1.4

Pada aksi nyata modul 1.4, Calon Guru Penggerak (CGP) diminta untuk menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret dan realistis untuk mewujudkan budaya positif di sekolah. Berikut rancangan tindakan aksi nyata modul 1.4 yang dibuat.

Aksi nyata yang akan dilakukan terkait dengan perumusan keyakinan kelas.

Latar Belakang

Sebelum pembelajaran dimulai, guru telah menyusun rencana pembelajaran dalam bentuk modul ajar yang tentunya disusun dengan tujuan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Namun, dalam pelaksanaan rencana pembelajaran tersebut seringkali akan menemukan kendala. Sering kendala tersebut muncul karena tindakan-tindakan yang akan berdampak pada suasana belajar yang menjadi tidak kondusif.

Untuk itu, agar proses pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan baik maka guru dan murid perlu melakukan tindakan yang dapat mendukung proses pembelajaran tersebut. Langkah yang dapat diambil adalah dengan menyusun keyakinan kelas. 

Keyakinan kelas merujuk pada seperangkat nilai atau prinsip yang dianut secara bersama oleh seluruh anggota kelas.  Keyakinan kelas bersifat lebih ‘abstrak’ daripada peraturan, yang lebih rinci dan konkrit yang berupa pernyataan universal dan dibuat dalam bentuk positif. Keyakinan kelas tidak perlu banyak agar dapat diingat dan dipahami oleh semua warga kelas.

Dalam penyusunan keyakinan kelas diperlukan kontribusi dari seluruh warga sekolah dan melakukan peninjauan keyakinan kelas ini secara berkala dengan tujuan agar keyakinan kelas dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi terbaru kelas tersebut.

Tujuan

Tujuan dari penyusunan keyakinan kelas ini selain sebagai bentuk aksi nyata yang dilakukan pada modul 1.4 juga bertujuan unuk :

  1. Agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
  2. Mengidentifikasi dan menerapkan keyakinan-keyakinan di kelas.
  3. Membangun karakter positif murid
  4. Berbagi dengan rekan guru


Tolok Ukur

Keyakinan kelas yang disusun ini dikatakan dapat terlaksana dengan baik, jika murid atau kelas telah memenuhi beberapa ketentuan berikut:

  1. Murid aktif selama proses pembelajaran
  2. Atmosfer kelas lebih positif dan kondusif untuk belajar
  3. Adanya perubahan perilaku murid yang mencerminkan nilai-nilai kelas.
  4. Adanya kesamaan persepsi tentang budaya positif dengan rekan guru

Dukungan yang dibutuhkan

Penyusunan keyakinan kelas ini dapat dilakukan dengan dukungan:

  1. HP atau android (murid)
  2. Laptop dan proyektor (guru)
  3. Aplikasi padlet.com
  4. Guru memfasilitasi proses penyusunan keyakinan kelas
  5. Ruangan untuk kegiatan diseminasi
  6. Kolaborasi dengan rekan guru agar terlaksananya diseminas
 

Lini masa tindakan yang akan dilakukan:

  1. Membuat keyakinan kelas bersama murid kelas XII.F3
  2. berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk mendapatkan izin melakukan diseminasi kepada rekan guru yang lain terkait pengalaman belajar tentang budaya positif dan praktik implementasi pembuatan keyakinan kelas
  3. Berkoordinasi dengan wakil kurikulum terkait jadwal diseminasi
  4. Melakukan diseminasi kepada rekan guru

Setelah penyusunan rancangan langkah dan strategi proses penyusunan keyakinan kelas, maka mulai melakukan tindakan yang sudah di rancang pada poin lini masa tindakan yang akan dilakukan.

Langkah pertama adalah menyampaikan tujuan dari penyusunan keyakinan kelas kepada murid. Langkah ini perlu dilakukan agar murid mengetahui apa manfaat keyakinan kelas yang akan disusun. Guru juga memberikan beberapa contoh pernyataan keyakinan kelas yang dapat disampaikan murid dengan tujuan agar murid tidak keluar dari apa yang diharapkan. 

Langkah kedua dengan mengirimkan tautan padlet.com sebagai tempat murid mengumpulkan keyakinan kelas mereka. Guru menampilkan keyakinan kelas yang telah terkumpul melalui proyeksi dari laptop atau murid dan guru dapat melihat langsung apa yang telah terkirim melalui tautan padlet tersebut.

Tampilan layar keyakinan kelas yang dikirim murid

Pada langkah ketiga, dari keyakinan kelas yang dikirim oleh murid, secara bersama guru dan murid memperbaiki kata-kata yang masih mengandung kata negatif seperti kata "tidak" dengan mengubah kalimatnya menjadi pernyataan positif. Berikut kesimpulan dari pernyataan yang dikirim oleh murid 
  1. Berbahasa yang sopan

  2. Saling menghormati dan menghargai satu sama lain

  3. Menjaga kebersihan kelas

  4. Untuk siswa perempuan dipebolehkan izin ke kamar mandi berdua

  5. Diperbolehkan izin paling lama 10 menit

  6. Mengerjakan tugas sesuai jadwal (seperti piket kelas)

  7. Menjaga ketertiban kelas selama pembelajaran

  8. Adil dalam menggunakan fasilitas sekolah


Langkah keempat, guru dan murid menyusun kalimat untuk keyakinan kelas yang merupakan kesimpulan dari semua poin pada tahap ketiga. Berikut kalimat keyakinan kelas yang telah disusun:

Menghormati
Kami meyakini bahwa sangat penting untuk saling menghormati semua orang

Bertanggungjawab
Kami meyakini bahwa sangat penting untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan

Kebersihan
Kami meyakini bahwa sangat penting untuk menjaga kebersihan

Keamanan dan ketertiban
Kami meyakini bahwa sangat penting untuk menjaga ketertiban dan keamanan

Setelah kalimat pernyataan keyakinan kelas dibuat dan disepakati, maka guru mencetak keyakinan kelas dan meminta murid untuk menandatangani keyakinan kelas tersebut sebagai bentuk kesepakatan semua murid di kelas XII.F3.





Setelah semua murid menandatangani keyakinan kelas yang telah disepakati, maka keyakinan kelas tersebut ditempelkan di dinding kelas agar murid selalu ingat apa keyakinan kelas yang telah mereka susun bersama.




Selanjutnya, saya meminta menemui kepala sekolah untuk meminta izin melakukan berbagi pengalaman belajar dan menerapkan keyakinan kelas kepada rekan guru di sekolah. Kepala sekolah sangat mendukung kegiatan ini dan menyarankan untuk menjadikan kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan kombel SEHATI SMAN 2 Lintau Buo.

Setelah mendapatkan izin dari kepala sekolah selanjutnya menemui wakil kurikulum dan ketua kombel untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan diseminasi kepada rekan guru. Kegiatan dijadwalkan pada hari Jumat tanggal 23 Agustus 2024 pukul 09.00 s/d 11.00 WIB. Berikut video kegiatan diseminasi yang telah dilakukan.


Demikianlah proses pemyusunan keyakinan kelas dan diseminasi tentang pemahaman budaya positif yang telah dilakukan. Semoga semua siswa dapat konsisten melakukan apa yang telah disepakati dan diyakini tersebut dan ada manfaatnya bagi rekan guru di sekolah.


Salam dan Bahagia.

No comments:

Post a Comment