Pada aksi nyata modul 1.4, Calon Guru Penggerak (CGP) diminta untuk menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret dan realistis untuk mewujudkan budaya positif di sekolah. Berikut rancangan tindakan aksi nyata modul 1.4 yang dibuat.
Aksi nyata yang akan dilakukan terkait dengan perumusan keyakinan kelas.
Latar Belakang
Sebelum pembelajaran dimulai, guru telah menyusun rencana pembelajaran dalam bentuk modul ajar yang tentunya disusun dengan tujuan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Namun, dalam pelaksanaan rencana pembelajaran tersebut seringkali akan menemukan kendala. Sering kendala tersebut muncul karena tindakan-tindakan yang akan berdampak pada suasana belajar yang menjadi tidak kondusif.
Untuk itu, agar proses pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan baik maka guru dan murid perlu melakukan tindakan yang dapat mendukung proses pembelajaran tersebut. Langkah yang dapat diambil adalah dengan menyusun keyakinan kelas.
Keyakinan kelas merujuk pada seperangkat nilai atau prinsip yang dianut secara bersama oleh seluruh anggota kelas. Keyakinan kelas bersifat lebih ‘abstrak’ daripada peraturan, yang lebih rinci dan konkrit yang berupa pernyataan universal dan dibuat dalam bentuk positif. Keyakinan kelas tidak perlu banyak agar dapat diingat dan dipahami oleh semua warga kelas.
Dalam penyusunan keyakinan kelas diperlukan kontribusi dari seluruh warga sekolah dan melakukan peninjauan keyakinan kelas ini secara berkala dengan tujuan agar keyakinan kelas dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi terbaru kelas tersebut.
Tujuan
Tujuan dari penyusunan keyakinan kelas ini selain sebagai bentuk aksi nyata yang dilakukan pada modul 1.4 juga bertujuan unuk :
- Agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
- Mengidentifikasi dan menerapkan keyakinan-keyakinan di kelas.
- Membangun karakter positif murid
- Berbagi dengan rekan guru
Keyakinan kelas yang disusun ini dikatakan dapat terlaksana dengan baik, jika murid atau kelas telah memenuhi beberapa ketentuan berikut:
- Murid aktif selama proses pembelajaran
- Atmosfer kelas lebih positif dan kondusif untuk belajar
- Adanya perubahan perilaku murid yang mencerminkan nilai-nilai kelas.
- Adanya kesamaan persepsi tentang budaya positif dengan rekan guru
Dukungan yang dibutuhkan
Penyusunan keyakinan kelas ini dapat dilakukan dengan dukungan:
- HP atau android (murid)
- Laptop dan proyektor (guru)
- Aplikasi padlet.com
- Guru memfasilitasi proses penyusunan keyakinan kelas
- Ruangan untuk kegiatan diseminasi
- Kolaborasi dengan rekan guru agar terlaksananya diseminas
Lini masa tindakan yang akan dilakukan:
- Membuat keyakinan kelas bersama murid kelas XII.F3
- berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk mendapatkan izin melakukan diseminasi kepada rekan guru yang lain terkait pengalaman belajar tentang budaya positif dan praktik implementasi pembuatan keyakinan kelas
- Berkoordinasi dengan wakil kurikulum terkait jadwal diseminasi
- Melakukan diseminasi kepada rekan guru
Tampilan layar keyakinan kelas yang dikirim murid |
Berbahasa yang sopan
Saling menghormati dan menghargai satu sama lain
Menjaga kebersihan kelas
Untuk siswa perempuan dipebolehkan izin ke kamar mandi berdua
Diperbolehkan izin paling lama 10 menit
Mengerjakan tugas sesuai jadwal (seperti piket kelas)
Menjaga ketertiban kelas selama pembelajaran
Adil dalam menggunakan fasilitas sekolah
Selanjutnya, saya meminta menemui kepala sekolah untuk meminta izin melakukan berbagi pengalaman belajar dan menerapkan keyakinan kelas kepada rekan guru di sekolah. Kepala sekolah sangat mendukung kegiatan ini dan menyarankan untuk menjadikan kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan kombel SEHATI SMAN 2 Lintau Buo.
Setelah mendapatkan izin dari kepala sekolah selanjutnya menemui wakil kurikulum dan ketua kombel untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan diseminasi kepada rekan guru. Kegiatan dijadwalkan pada hari Jumat tanggal 23 Agustus 2024 pukul 09.00 s/d 11.00 WIB. Berikut video kegiatan diseminasi yang telah dilakukan.
Demikianlah proses pemyusunan keyakinan kelas dan diseminasi tentang pemahaman budaya positif yang telah dilakukan. Semoga semua siswa dapat konsisten melakukan apa yang telah disepakati dan diyakini tersebut dan ada manfaatnya bagi rekan guru di sekolah.
No comments:
Post a Comment