Tidak terasa telah tiga tahun saya menjalani peran sebagai guru penggerak. Selama tiga tahun ini, banyak perubahan yang saya lakukan baik perubahan pada diri sendiri juga perubahan yang saya lakukan di lingkungan saya. Motto guru penggerak "Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan" sudah terlihat pada keseharian saya dalam menjalani peran sebagai pendidik.
Nilai-nilai yang dimiliki seorang guru penggerak yaitu berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif dan inovatif inilah yang telah membawa perubahan pada keseharian saya. Nilai-nilai ini telah membantu saya dalam menjalankan peran saya sebagai guru penggerak yaitu menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi, mewujudkan kepemimpinan murid dan menggerakkan komunitas praktisi.
Nilai berpihak pada murid, mensyaratkan guru penggerak untuk selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan murid. Banyak upaya yang telah saya lakukan untuk murid saya, diantaranya :
- Memberikan dan memfasilitasi murid dengan suasana belajar yang menyenangkan untuk mereka dengan mempertimbangkan karakteristik dan latar belakang mereka.
- Murid tidak hanya belajar tentang materi di atas kertas saja, tetapi mereka juga belajar bagaimana mengaplikasikan materi tersebut dalam keseharian mereka sehingga mereka dapat merasakan manfaatnya.
- Memfasilitasi mereka untuk menyampaikan perasaan mereka setiap mereka selesai belajar dengan melakukan refleksi.
- Membebaskan murid-murid memilih tema-tema dan model tugas yang mereka sukai
- Menawarkan kapan deadline mereka dapat menyelesaikan tugas mereka.
- Memfasilitasi murid untuk dapat mengembangkan minat dan bakat mereka
Mandiri merupakan nilai yang menggambarkan semangat guru penggerak untuk terus belajar sepanjang hayat. Guru penggerak juga senantiasa memampukan dirinya sendiri dalam melakukan aksi serta mengambil tanggungjawab dan turun tangan untuk memulai perubahan. Saya telah mengikuti pelatihan baik itu dalam bentuk daring ataupun luring. Pelatihan tersebut saya ikuti karena ditugaskan oleh sekolah atau memang yang saya ikuti atas inisiatif sendiri. Materi pelatihan yang saya pilih adalah materi pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi saya sebagai seorang guru.
Setiap menyelesaikan pelatihan maka saya akan menerapkannya langsung dalam proses pembelajaran saya. Di samping itu, saya akan mendiseminasikannya kepada rekan-rekan guru.
Memaknai pengalaman yang terjadi di sekeliling saya terutama yang terjadi pada diri saya sendiri merupakan cara saya dalam menerapkan nilai reflektif yang dimiliki oleh guru penggerak. Beberapa yang telah saya lakukan adalah :
- Meluangkan waktu untuk mengingat kembali apa yang telah saya lakukan dalam kegiatan sebelumnya kemudian mencatat poin yang saya anggap penting. Baik itu kekurangan ataupun kelebihan dari kegiatan yang telah saya lakukan.
- Meminta refleksi dan umpan balik dari murid dan rekan guru tentang apa yang telah saya lakukan.
- Merencanakan tindak lanjut dari hasil refleksi
- Menjalankan rencana tindak lanjut hasil refleksi.
|
Berefleksi |
|
Berefleksi bersama rekan guru |
|
Refleksi murid menggunakan G-Form |
Refleksi murid menggunakan emoticon di grup telegram
tentang perasaan mereka setelah belajar.
Dalam nilai kolaboratif, seorang guru penggerak memperhatikan pentingnya kesalingtergantungan yang positif terhadap seluruh pihak pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Upaya yang telah saya lakukan antara lain :
- Berkolaborasi bersama rekan guru di sekolah dan luar sekolah untuk berdiskusi, berbagi ide, dan strategi pembelajaran.
- Tergabung dalam tim pengembang kurikulum untuk menyusun kurikulum satuan pendidikan
- Memfasilitasi murid untuk mengerjakan proyek yang melatih kolaborasi murid sehingga mereka diharapkan mampu untuk bekerjasama dalam kelompok.
- Berkolaborasi bersama wali murid untuk kebaikan pembelajaran murid.
|
Berkolaborasi di sekolah |
|
Berkolaborasi di luar sekolah
|
|
Tim Pengembang Kurikulum |
|
Berkolaborasi bersama Tim Casio, IGI dan P4TK sebagai fasilitator rekan guru dalam meningkatkan kompetensi |
|
Proyek siswa |
|
Bersama wali murid |
|
Bersama wali murid |
Makna dari nilai inovatif adalah seorang guru penggerak mampu senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna, pantang menyerah serta jeli melihat peluang atau potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid. Yang telah saya lakukan antara lain :
- Mengaplikasikan berbagai teknologi dalam pembelajaran baik berupa alat atau aplikasi
- Memanfaatkan semua potensi yang ada di sekitar murid untuk dijadikan ide proyek dalam pembelajaran mereka (Kumpulan proyek murid)
- Menyusun modul projek P5 yang telah dibukukan
- Memberikan ide atau solusi terbaru pada kegiatan-kegiatan di sekolah. Seperti: memeriksa ujian pilihan ganda dengan aplikasi Zipgrade, merancang analisis penilaian harian menggunakan excel, dll.
Salam dan bahagia untuk kita semua.
No comments:
Post a Comment