Kegiatan yang diselenggarakan untuk guru matematika SMA/SMK Provinsi Sumatera Barat ini di mulai tanggal 29 Mei sampai tanggal 31 Mei 2024 di Hotel Santika Padang yang dibuka oleh bapak Kadis pendidikan Provinsi Sumatera Barat.
Dalam sambutannya Pak Kadis menyampaikan bahwa kita sudah lama menggunakan casio ini, sebagai contoh ketika kita belajar statistika selama di perguruan tinggi. Pak Kadis juga menyampaikan bahwa dalam pembelajaran perlu adanya kreatifitas. Beliau juga menyampaikan kekhawatiran masih kurang memuaskannya nilai numerasi dan literasi yang diperoleh Provinsi Sumatera Barat.
Rabu, 29 Mei 2024
Seluruh peserta mendapatkan pendampingan untuk memperoleh lisensi kalkulator dan classpad.net. Dan dilanjutkan dengan pengenalan fitur-fitur yang ada di classpad.net.
Kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan soal terintegrasi penggunaan alat dan teknologi yang disampaikan oleh Dr. Ariyadi Wijaya.
Pada kesempatan ini, Pak Ariyadi menyampaikan tentang tujuan pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka, yaitu :
- Memahami materi matematika berupa fakta, konsep, prinsip, operasi dan relasi matematika
- Menggunakan penalaran
- Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematis, menyelesaikan model atau menafsirkan solusi
- Mengomunikasikan gagasan matematis
- Mengaitkan materi pembelajaran matematika
- Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika
Menurut beliau, ada tiga koneksi dalam matematika :
- koneksi antar matematika
- koneksi antar bidang ilmu lain
- hubungan matematika dengan dunia nyata
Hasil diskusi I
Karakter soal tes yang tidak boleh menggunakan kalkulator : soal yang penyelesaiannnya menggunakan sifat atau konsep, ditujukan untuk mengukur keterampilam siswa
Karakter soal tes yang boleh menggunakan kalkulator : soal yang hanya menentukan hasil akhir saja, kalkulasi diperlukan tetapi fokus utama pada konsep.
Manfaat kalkulator untuk belajar matematika, yaitu :
- Komputas / berhitung
- Representasi / menyajikan konsep dan bentuk
- Eksplorasi / eksplorasi ide
- Afirmasi / Meyakinkan
Kamis, 30 Mei 2024
Rundown hari ke-2 |
Kegiatan hari ini dimulai tepat pukul 08.00 WIB dengan materi Eksplorasi Pembelajaran Menggunakan Classpad.net oleh Mba Lisa dari Casio.
Mba Lisa mengawali penyampaiannya dengan meminta beberapa peserta untuk menyampaikan bagaimana pembelajaran yang telah dilakukan oleh peserta di sekolah masing-masing terkait penggunaan alat dan teknologi.
Acara berikutnya didampingi oleh Mba Deli dari tim Casio yang menyampaikan cara penggunaan menu Spreadsheet, Equation dan Statistik pada kalkulator saintifik Casio tipe terbaru.
Dilanjutkan dengan penyampaian dari Mba Ivi yang masih tentang bagaimana cara memanfaatkan kalkulator saintifik Casio tipe terbaru pada menu Table dan Matriks.
Pada sesi kegiatan pada malam hari, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 3 atau 4 orang. Setiap kelompok membuat soal yang terintegrasi alat dan teknologi dengan jumlah soal untuk setiap kelompok berbeda disesuaikan dengan jumlah anggota kelompok. Untuk kelompok yang beranggotakan 3 orang membuat 2 soal dan kelompok yang beranggotakan 4 orang membuat 3 soal. Setiap kelompok mendapatkan materi soal yang berbeda.
Soal yang dibuat disertai dengan penyelesaian dengan cara biasa dan penyelesaian yang menggunakan alat atau teknologi. Semua kelompok menyelesaikan soal tersebut menggunakan kalkulator saintifik Casio tipe terbaru.
Jumat, 31 Mei 2024
Hari ini merupakan hari terakhir dari rangkaian kegiatan TOT Pembuatan Soal Terintegrasi Penggunaan Alat dan Teknologi untuk guru-guru matematika SMA/SMK Se-Sumatera Barat. Kegiatan diawali dengan presentasi kelompok yang menyusun soal terintegrasi alat dan teknologi.
Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari tim Casio dan distributor kalkulator Casio yang menyampaikan bagaimana teknis untuk mendapatkan kalkulator Casio atau langkah yang bisa dilakukan jika terdapat kendala terkait kalkulator Casio secara fisik.
Menjelang siang kegiatan selama tiga hari ini ditutup oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan diakhiri dengan sesi foto bersama.
No comments:
Post a Comment