Saturday, July 23, 2022

Model Pembelajaran SOLE

Setiap guru tentunya selalu memiliki caranya dalam menyajikan sebuah pembelajaran. Cara ini tentunya dilakukan dengan harapan murid dapat menerima pembelajaran yang efektif dan efisien. Cara yang diterapkan guru tersebut kini diberi nama model pembelajaran. Berbagai nama model pembelajaran dikenalkan oleh para ahlinya, di antaranya Problem Based Learning, Project Based Learning, Discovery Based Learning, Inqury Based Learning, Blended Learning, Flipped Classroom, dan lain sebagainya. 

Jika ada guru yang belum mengetahui model-model pembelajaran, bukan berarti guru tidak menerapkan model tersebut di kelasnya. Semua guru pastinya sudah menggunakan model pembelajaran yang dikenalkan oleh para ahli,  tetapi mungkin belum mengetahui istilah atau nama dari model pembelajaran yang telah gunakan oleh guru dalam pembelajaran mereka. Dan kemungkinan salah satunya adalah model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment).

Model pembelajaran SOLE ini dibagi menjadi 3 sesi: 

  1. Sesi Big Question
  2. Sesi Investigasi
  3. Sesi Reviu
Bagaimana penjelasan untuk setiap sesi dari model pembelajaran SOLE ini? yuk kita simak!

Sesi Big Question:

Merupakan sesi yang menjadi poin awal agar terjadinya pembelajaran yang efektif dan efisien.

Sesi Big Qustion ini merupakan sesi dimana guru mengajukan sebuah pertanyaan yang menarik dan berkaitan dengan kehidupan murid.

ketika guru mampu merancang pertanyaan yang baik maka proses pembelajaran akan berjalan dengan baik pula.

Contoh: Apa yang menyebabkan harga bahan pokok tinggi?, Mengapa manusia membutuhkan tempat tinggal?, dan lain-lain.

 

Sesi Investigasi:

merupakan sesi dimana murid berusaha keras untuk mencari jawaban pertanyaan yang diberikan pada sesi big question. Murid dapat memilah informasi, bisa dengan menonton video, searching atau browsing informasi dari smartphone atau komputer mereka, atau cara lainnya.

Selama mereka melakukan investigasi murid dapat saling berbagi informasi dengan anggota kelompoknya atau dengan kelompok lain. Murid juga diharapkan tidak banyak mencatat selama sesi investigasi, namun lebih baik kegiatan diperbanyak pada kegiatan saling berdiskusi dan bertukar informasi secara lisan

 

Sesi Reviu:

merupakan sesi yang disediakan untuk murid agar mereka dapat menyampaikan / mengkomunikasikan apa saja yang telah mereka peroleh selama sesi investigasi. Mereka bisa menyampaikan semua temuan selama mereka melakukan investigasi. Murid boleh menyampaikan dalam bentuk tulisan, namun lebih baik jika di sampaikan secara lisan.

intinya pada sesi ini murid harus didengar, harus diterima pemahamannya terhadap pertanyaan besar yang diberikan di sesi pertama.

setelah murid menyampaikan apa yang telah mereka dapat maka guru harus memberikan respon, feedback yang tepat terhadap hasil yang telah dicapai murid. Yang dapat berupa pujian atau symbol yang menyatakan bahwa mereka berhasil atau mereka hebat.


Semoga bermanfaat.


Salam Literasi dan Berbagi



Referensi:

https://sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif/beranda/pilihtutorial/1 

No comments:

Post a Comment